AGEN WORLD CUP - Jika Velg yg diinginkan ada di pasaran dgn kualitas setara merk2 terkenal mungkin itu tidak menjadi masalah asalkan budget yg kita miliki memang ada. Namun apa jadinya jika Velg yg diinginkan tidak ada di pasaran? Sementara ukuran velg yg dibutuhkan tersebut hanya ada untuk motor jenis lain.
Misalkan
sang modifikator ingin memodif velg NSR dgn ukuran 400-17 dari
standardnya yg berukuran 2.75 - 17, tentunya ukuran sebesar itu hanya
bisa didapat dari velg motor bawaan moge misalkan yg ada dipasaran hanya
velg Cagiva mito.
Sebenarnya
ada beberapa hal yg wajib menjadi perhatian bagi siapapun yg ingin
memodifikasi velg motor nya dgn velg motor dari jenis lain hal ini lebih
kepada nilai safety karena roda menentukan kestabilan pada motor
terlebih motor sport yg notabene bertenaga dan berbobot besar.
Tips Dasar Modifikasi Velg Motor:
· Garis
center pada roda belakang harus pas berada pada garis center velg
aslinya agar center line terhadap roda depan bisa sama (sebidang).
· Jika
pemasangan velg motor mewajibkan membuat bos laher (bearing) maka
center bos laher harus tepat berada pada center velg motor, jika tidak
motor akan terasa oleng.
· Center line pada gir belakang harus sama (sebidang) dgn center line pada gir
depan.Jika hal ini tidak tercapai maka rantai akan mudah lepas dari
gir, ini membahayakan pengendara jika pada kecepatan tinggi rantai
tiba2 lepas dan bisa mengunci roda belakang.
· Center line pada cakram belakang harus tepat (sebidang) dgn titik tengah
antara kedua kampas rem di kepala babi. Jika hal ini tidak tercapai maka
pengereman akan kurang sempurna (tidak pakem)
· Jika
rem belakang menggunakan sistem tromol maka area luasan bidang gesek
kampas rem minimal sebanding dgn area luasan bidang gesek standardnya
jika hal ini tidak tercapai maka pengereman akan kurang sempurna (tidak
pakem).
Intinya kalau kita mau memodifikasi velg motor, sebaiknya kita juga harus memikirkannya terlebih dahulu apakah memang pantas dan cocok dengan type motor kita.(Rw)
No comments:
Post a Comment